Selasa, 08 Januari 2019

Sering keluar kotoran mata meski tak bangun tidur? Jangan sepelekan

Sering keluar kotoran mata meski tak bangun tidur? Jangan sepelekan,- Bagi sebagian orang, kotoran mata memang kerap muncul saat bangun tidur. Sejatinya itu adalah proses akhir yang mana mata melakukan pembersihan dan keluar di pagi hari.

Lantas bagaimana dengan orang yang sering keluar kotoran mata meski tak sedang bangun tidur? Apakah berbahaya?

Ada dua kemungkinan atas kondisi ini. Yang pertama adalah dibedakan dari jenis kotorannya. Jenis kotoran yang tidak lengket dan tidak disertai mata merah kemungkinan besar terjadi karena iritasi saja. Biasanya akan kerap dialami oleh orang yang bekerja di luar ruangan atau di ruangan ber-AC. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan meneteskan obat mata agar mata lembap.

Faktanya, mata yang memiliki intensitas tinggi terkena AC akan menjadi kering.

Kedua adalah disebabkan oleh peradangan akibat bakteri. Biasanya ditandai dengan bentuk kotoran yang berwarna hijau atau kuning keruh dan mata merah. Hal ini sering dialami oleh orang yang tidak menjaga kebersihan saat mengucek mata dengan jari telanjang.

Pastikan jari Anda bersih sebelum menyeka bagian mata. Perlu Anda ketahui bahwa sangat berbahaya mengucek atau membersihkan mata dengan tangan yang kotor. Hal ini dapat mengakibatkan glaukoma. Jika Anda belum tahu, glaukoma adalah jenis penyakit mata yang memiliki gejala tidak langsung. Rasa sakit akan terjadi bertahap dan lama-lama dapat mengurangi daya lihat mata. Pada kasus terparah dapat berujung pada kebutaan.

baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar