Selasa, 08 Januari 2019

benarkah Mata minus bisa menular kalau pinjam kacamata?

benarkah Mata minus bisa menular kalau pinjam kacamata?,- Kamu pasti pernah dengar mata minus kan? Seorang yang bermata minus akan kesulitan melihat benda-benda kecil atau yang berada pada jarak jauh. Mata minus atau rabun jauh adalah penyakit yang penyebabnya banyak sekali. Bahkan di masyarakat berkembang mitos kalau mata minus dapat menular saat kita meminjam kacamata milik orang lain. Benar nggak sih?

Ternyata, itu sama sekali nggak benar, karena nggak ada minus yang menular. Meskipun kamu meminjam kacamata silinder tebal atau minus tebal sekalipun, selama kamu nggak meminjamnya dalam jangka waktu lama, misalnya 1 bulan.

Kalau sudah lama, maka beda lagi ceritanya. Saat mata normal menggunakan kacamata minus, maka yang terjadi adalah otot mata menjadi menyesuaikan diri dengan penglihatan agar tetap tajam. Nah, jika sudah begini, otot akan terbiasa dengan keadaan seperti itu dan akan terus menarik saat menggunakan kacamata. Masalah akan timbul saat kamu nggak memakai kacamata itu lagi. Otot yang sudah terbiasa dengan keadaan tadi akan berusaha mengembalikan fokus. Nah, inilah yang dapat membuat kamu menjadi penderita mata minus.

Jadi, mata minus nggak akan menular ketika kamu baru sekali menggunakan atau meminjam kacamata orang lain. Namun matamu akan berusaha menyesuaikan fokus sehingga terasa pusing dan mata makin berat. Meskipun mata minus nggak menular, tapi mata minus ternyata juga bisa menurun. Kalau seorang ayah dan ibu memiliki riwayat mata minus, maka sang anak ada kemungkinan bakal mengalami hal yang sama.

Minus atau nggak-nya mata seseorang bisa terganting banyak faktor. Bisa juga tergantung pada nutrisi yang dikonsumsi oleh masing-masing individu. So, menjaga kesehatan mata emang penting banget agar matamu nggak minus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar